Perancanaan Remastering Ubuntu 12.04 dengan Remastersys

hooaammmmzzz…. lama ga’ posting nihh,,maklum (sok) sibuk..
udah lama ga update, sekalinya update mau bahas sesuatu yg ‘heugghhh’..
yeahh, it’s about remastering.
Walaupun newbie, saya ada tugas remastering nih untuk matkul OS. nah OS linux yang mau saya remaster adalah Linux Ubuntu 12.04, menggunakan cara yang mudah aja, pake Remastersys.
Ok, sebenernya ada beberapa aplikasi untuk remastering, tapi berdasarkan berbagai sumber, remastersys is the easiest, khususnya buat saya yang masih sangat awam dalam dunia per-linux-an.
Langkah pertama ketika anda-anda mau me-remaster sebuah OS, pikirkan dulu tema-nya apa. (Kalo saya sih, sekarang temanya OS untuk menunjang kegiatan perkuliahan di jurusan TI)
Berikutnya, anda perlu menentukan OS apa yang akan di-remaster.. (jelas ya, dari judulnya, saya akan me-remaster Ubuntu 12.04). Terus, instal di PC anda.. abis itu, upgrade yaa…
Lalu, anda harus membuat daftar paket aplikasi yang perlu ditambahkan pada OS yang akan anda modif.. bagian ini adalah bagian yang bisa dibilang extra very important part. Kenapa saya bilang begitu, karena ini yang akan menjadi jiwa-nya (alah lebayy) OS racikan anda. karena saya mengambil tema TI, saya menambahkan beberapa aplikasi untuk pemrograman seperti : geany, gambas, gnu octave, blufish editor. dan jangan lupa tambahkan aplikasi media player : VLC, audacious, GNOMEPlayer, dan lain-lain sesuka anda..
Jika dirasa ada beberapa paket aplikasi yang perlu dihapus, maka hapus saja sesuka anda (hal ini juga sekalian untuk memperkecil size(ukuran) hasil remasteran).
Oh, iya, untuk memperindah tampilan OS hasil racikan anda, silakan download tema, background, icon, cursor dan apapun yang anda sukai dan aplikasikan.
Jangan lupa mengganti nama dan release OS nya.. Lalu, daftar ke repository lokal..
Setelah selesai semua,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s