Algoritma penanganan DeadLock_1 (Algoritma Ostrich)

Dalam penanganan deadlock, dikenal beberapa algoritma. Seperti yang pernah saya ulas beberapa waktu lalu tentang penanganan deadlock, ada beberapa algoritma yang dapat digunakan untuk menangani deadlock.
macet
Algoritma Ostrich
Untuk menangani deadlock, dapat dilakukan dengan cara mengabaikannya. Mengabaikannya? Yes! Terdengar seperti bukan solusi? Tapi ini memang benar-benar salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menangani deadlock. Sebagai user, kita berasumsi bahwa deadlock adalah hal yang sangat jarang terjadi sehingga kita abaikan masalah mengenai deadlock (dalam artian seolah-olah tidak ada masalah). Bagi sebagian orang mungkin ini agak membingungkan, bagaimana mungkin menangani masalah dengan ‘mengabaikannya’. Yeah, begitu pula saya. Dalam algoritma ostrich, user berasumsi bahwa lebih efektif memungkinkan deadlock terjadi daripada upaya untuk mencegah terjadinya deadlock karena membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Pusing kan? Intinya sih : mengabaikannya.
Algoritma Ostrich dapat diimplementasikan dengan dua pendekatan trade-offs dan pendekatan Hybrid.
Pendekatan Hybrid menggunakan algoritma Ostrich diimplementasikan dengan menentukan bahwa kasus deadlock sangat jarang atau bahkan tidak terjadi. sedangkan pendekatan Trade-off yang dimaksud di sini adalah bahwa jika kondisi/keadaan berubah atau belum teridentifikasi, masalah yang sangat jarang(langka) dapat kembali terjadi.

Terjadi deadlock??abaikan saja, pura-pura tidak terjadi apa-apa..
🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s