Teknologi Hyper Threading, Dispatching algorithm

Sebelum membahas apa itu hyper threading, kita perlu mengetahui dulu apa yg dimaksud dengan thread itu sendiri. Thread adalah pecahan proses (bagian dari proses). Hyperthreading terdiri dari dua kata : hyper (lebih/banyak) dan threading : thread. Teknologi Hyper Threading sendiri adalah teknologi yang memungkinkan menjalankan banyak thread dengan syarat-syarat kemampuan tertentu.

Teknologi Hyper Threading dikenalkan oleh intel pada quarter pertama 2002, yaitu teknologi pada mikroprosesor dengan arsitektur intel NetBurst dan Core termasuk didalamnya adalah Core 2, pentium D, Xeon dan Pentium 4.

Prosesor jenis ini secara fisik adalah satu prosesor, namun secara logika seperti dua prosesor. Beberapa Sistem Operasi seperti Windows NT , Windows XP Profesional, Windows 2000, Windows Vista dan GNU/Linux adalah sistem operasi yang akan membaca prosesor ini sebagai dua prosesor. Hal tersebut sekaligus membuat kinerja sistem lebih efektif dan efisien karena beberapa thread dapat dieksekusi dengan cepat.  Sistem operasi tersebut bersifat multitasking, namun karena prosesor dibaca sebagai dua prosesor, Sistem operasi akan menjalankan dan mengeksekusi program/thread secara berurutan (sekuensial) dengan algoritma antrian yang dikenal dengan dispatching algorithm.

Dispatching algorithm merupakan suatu algoritma (logika) antrian. Karena terdapat banyak proses maupun thread dalam sebuah sistem komputer, maka harus dilakukan pengaturan(penjadwalan) proses. Proses mana yang akan dijalankan terlebih dahulu, mana yang berikutnya hingga thread2 ataupun proses selesai di eksekusi secara berurutan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s