Ekstrak file di Linux

Bekerja dengan Linux, tentunya harus bisa mengerti tentang Terminal. Jika mau dibilang kenal Linux, maka harus tau bagaimana menginstal, mengekstrak file ataupun sekedar melihat file apa saja pada sebuah diretory lewat terminal.

Beberapa hari yang lalu sudah sempat saya post beberapa perintah (command) di terminal dan fungsinya. Pada post kali ini, saya ingin khusus mengulas tentang perintah untuk mengekstrak file di Linux lewat terminal.

Sebenarnya untuk di TeaLinuxOS 4.0 sendiri sudah bisa ekstrak file tanpa harus ke terminal, sama seperti di Windows = just klik kanan, terus pilih deh ekstrak. Tapi, kembali lagi saya katakan bahwa cara seperti itu terlalu gampang buat Linuxer (nenek2 juga bisa deh..)… #padahal saya juga belum begitu mengenal Linux, tapi udah sok2an ngemeng, hehehe..

Ok, langsung saja nih saya jabarkan cara ekstrak file :

  • kalau file ekstensinya .zip :

unzip <namafile>.zip

  • jika tar.gz
tar -xvzf namafile.tar.gz atau boleh juga tar -xzf namafile.tar.gz

penambahan huruf ‘v’ disitu berfungsi untuk menampilkan file-file apa saja yang diekstrak. kalo tidak mau melihat file2 yang di ekstrak (takut menuh-menuhin window terminal), yaudah pake perintah yang xzf aja..

  • kalo tar.bz2

tar -xjf namafile.tar.bz2, boleh juga tar -xvjf.tar.bz2
Kebanyakan file memang berekstensi yang saya sebutkan di atas, meskipun masih ada beberapa lagi. tapi saya kira sudah cukup lah ya…

Yasudah, silakan mencoba,, Jangan ragu berkomunikasi dengan terminal..

Regards…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s