Pidgin _ Aplikasi include di TeaLinuxOS 4.0 Part.4

Bagi yang suka berchatting ria, aplikasi pendukung semacam email maupun messenger akan menjadi sebuah aplikasi yang wajib terinstal di komputernya.

Di MS Windows sudah banyak jenis aplikasi Email maupun Chatting yang biasa digunakan. Namun, linux tak mau kalah, karena Linux mempunyai beberapa aplikasi serupa, contohnya adalah Pidgin.

Dulunya, pidgin bernama GAIM yang merupakan sebuah apliaksi pesan instan yang didasarkan pada library Libpurple. Libpurple sendiri mendukung banyak protokol2 dasar yang terdapat pada aplikasi perpesanan instan sehingga memungkinkan user untuk menjalankan/memasuki berbagai layanan yang berbeda hanya dari satu program aplikasi.

Pidgin sendiri bersifat portable dan dapat dijalankan baik di Linux, Windows, macOs dan lain-lain. Seperti biasa, aplikasi2 yang berjalan di Linux bersifat opensource. Keduanya, Libpurple dan Pidgin juga bersifat open source sehingga bebas digunakan, dikembangkan maupun didistribusikan oleh siapa saja.

Beberapa fitur dasar perpesanan instan telah dimiliki Pidgin, seperti daftar kontak teman2, jendela riwayat chatting(obrolan), pengiriman (transfer) berkas dll. Pidgin menyediakan fitur pilihan, jendela obrolan paralel (paralel chatting window).

dalam Pidgin, teman2 obrolan biasa disebut sebagai “Buddies”. Pidgin mendukung program IRC dan beberapa progam Chatting lainnya, sehingga dapat menambahkan saluran IRC maupun program Chatting yang lain.

Beberapa fitur dalam Pidgin  didukung menggunakan plugin dari pihak ketiga. Berikut adalah beberapa fitur tambahan tersebut:

  • fitur enkripsi yang memungkinkan privasi bagi pengguna
  • Notifications atau pemberitahuan yang akan diketahui oleh user dengan adanya lighting LED pada laptop (mungkin kaya’ BB gitu kalo dapet BBM)
  • Rumus matematika mungkin agak sulit jika diketik, Nah, di Pidgin kita beisa menammbahkan rumus2 rumit matematika dalam obrolan menggunakan dukungan LaTeX
  • Menunjukkan kepada Buddies beberapa media player apa saja yang sedang diputar/ disimak
  • Menonton video secara langsung pada obrolan saat mendapatkan alamat web video, semacam youtube.

mari mengobrol bebas dengan perangkat bebas… Hidup Bebas (merdeka)….

😀

Regards…

sumber : Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s