LibreOffice _ Aplikasi include di TeaLinuxOS 4.0 Part.3

Barangkali dari semua jenis aplikasi yang dimiliki oleh sebuah komputer, aplikasi Dokumentasi dan Presentasi (Office) menjadi salah satu aplikasi yang wajib, harus dan kudu ada. Bener gak??? Yaiyalah, aplikasi perkantoran dipakai oleh setiap jenis bidang pekerjaan, baik hanya untuk membuat cerita biasa hingga membuat laporan perusahaan yang sangat penting.

Beberapa aplikasi perkantoran yang paling sering digunakan adalah file dokumen (MS Word kalo di Windows), file presentasi (MS PowerPoint kalo di Windows) dan Laporan yang berhubungan dengan perhitungan yang cukup kompleks (MS Excel kalo di Windows). Buat yang pingin  pake Linux, jangan kuatir karena Linux menyertakan aplikasi perkantoran yang opensource seperti OpenOffice maupun LibreOffice. Nah, kalo di TeaLinuxOs 4.0 yang saya gunakan siy pake’nya LibreOffice 3.5.

Sama seperti aplikasi perkantoran di Ms Windows, LibreOffice mempunyai aplikasi2 dasar seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Nama LibreOffice sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu Libre (bahasa Spanyol/Perancis yang mempunyai arti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sama seperti file2 opensource lainnya, LibreOffice dapat digunakan, dikembangkan maupun di distribusikan oleh siapa saja.

File yang dibuat dengan LibreOffice akan berbentuk ODF. Meskipun demikian, file yang kita buat dapat disimpan dalam format PDF ataupun flat XML, ataupun jika kita menginginkan, kita dapat meng-export file ODF menjadi bentuk PDF.

Jika dalam Office di Ms Windows ada Word, Excel, PowerPoint dll, pada LibreOffice 3.5 yang ada di TeaLinuxOS 4.0 adalah writer, calc, impress, Base, Draw, dan Printer Administration.

Kalian pasti bisa dong membedakan mana padanan untuk masing2 aplikasi di MS Office-nya.
Yup, betul sekali :

Writer adalah padanan dari MS Word, Calc mempunyai fungsi yang sama dengan MS Excel, Impress memiliki kemampuan yang dimiliki oleh MS PowerPoint, Base adalah perangkat lunak untuk database yang mirip dengan MS Access dan Draw mempunyai kesamaan dengan MS Visio.

Cukup jelas yaa dengan fungsi2nya..

Regards..

 

sumber : Wikipedia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s