Instalasi TeaLinuxOS 4.0 “Oolong Tea”

Pilihan Linux udah dapet, sekarang nyari dulu CD Linux-nya atau Download aja..
Udah dapet? it’s time to Install.
Guys, instalasi TeaLinuxOS 4.0 ini tergolong mudah menurut saya (masih awam),hanya takut saja mengingat banyak teman2 yang sudah instal namun Windows-nya jadi hilang. Pada kasus saya, saya menggunakan dual boot dengan Windows 7 sebagai host dan TeaLinuxOS sebagai guest.
Just for advice, karena kebanyakan masalah yang terjadi ketika instalasi Linux adalah saat pemilihan partisi, lebih baik satu partisi dalam windows kita kosongkan saja (misalnya D atau E). Saya sendiri mengosongkan partisi E (kapasitas 52GB).
Kalo yg udah ahli tentang Linux, partisi maupun dualboot siii kaga usah dikasih tau dehhh.. banyak aplikasi untuk partisi macem partition mini tool. Atau, di Windows 7 udah langsung bisa otomatis membagi partisi koq.
Nah, setelah udah dapet partisinya, waktunya instal :
Masukkan CD Linuxnya ke cd/dvd room,, bagi yang pake netbook bisa pake cd/dvd room external. Atau kalo mau lebih mengirit, pake aplikasi unetbootin agar FD kalian bisa booting (kalo sempet, nanti saya bahas deh—hehehe padahal belom bisa).
Ok, booting dulu,,,kalo udah kebaca TeaLinuxOS nya,ada pilihan mau langsung instal atau mau lihat demo-nya dulu (live CD). Kalo udah siap instal, klik teaLinuxOS-instal..
lanjutkan step2 (tahap2nya…abis bagian ini siy udah tinggal ok, next aja).
pilih bahasa,, banyak banget bahasanya,,,mangga dipilih..
next, checklist kotak jika kalian mau instal software pihak ketiga..
next
Nah, tiba saatnya memilih mau instal pure TeaLinux atau Tealinux sebagai guest (artinya,instal TeaLinuxOS berdampingan dengan OS yg udah ada—>saya siy yg ini), atau pilihan ketiga (yg lainnya).
Karena memilih sebagai guest, maka dilanjutkan dengan pemilihan partisi. Seperti yg tadi saya bilang, secara otomatis partis yg kosong tadi (partisi E) menjadi rekomendasi utama. langsung klik next aja.
Udah lewat bagian itu, tinggal tunggu proses hingga instalasi selesai 100%..
Kemudian, TeaLinuxOS 4.0 “Oolong Tea” sudah terinstal di komputer kalian.
Selamat mencoba..
🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s