Distro Linux_Debian


Debian merupakan sebuah sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Dikembangkan oleh banyak komunitas diseluruh dunia, dan telah menurunkan banyak jenis Linux yang baru.
Sistem operasi berkernel Linux jenis Debian terkenal akan stabilitasnya, maka tak heran jika banyak sekali yang mengembangkannya.
Beberapa distro Linux yang berbasis Debian adalah Ubuntu,Mint dan Knoppix. Ubuntu sendiri menurunkan banyak distro baru.
Barangkali Debian menjadi satu-satunya sistem operasi yang dinamai atas dasar cinta,,, wuihhh,,
Ceritanya begini nih :
Seorang mahasiswa dari universitas Purdue, Amerika Serikat,bernama Ian Murdock mengembangkan SLS (Softlanding Linux System). Tapi Ian tidak puas dengan hasilnya, dan memilih untuk membangun sistem Linux dari awal, 0 banget deh,, Jadi, si om Ian ini punya mantan bernama Debra Lynn. Nah Debian itu gabungan Debra dan Ian==> DebIan. So Sweet ya guys…
Awalnya, proyek debian berjalan lambat,
Proyek Debian ditata kelola oleh the Debian Constitution dan the Social Contract yang menetapkan struktur tata kelola dari proyek secara eksplisit dan menyatakan tujuan dari proyek yaitu pengembangan sebuah sistem operasi open source.
situs resmi Debian adalah debian.org.. Selain menggunakan kernel Linux, debian juga menggunakan 2 kernel FreeBSD (kfreebsd-i386 and kfreebsd-amd64). Antarmuka (userinterface)nya GNOME.
Fitur utama yang paling menonjol dari Debian adalah APT sistem pengaturan paket.repositori dengan jumlah paket yang banyak, kebijakan paket yang ketat, dan rilis yang berkualitas. Cara ini memungkinkan perbaikan/pemutakhiran yang sederhana namun ampuh antar tiap rilis baru, begitu juga untuk remove/penghapusan paket yang dinilai kurang diperlukan.
Versi rilis Debian cukup beragam dengan menggunakan nama-nama dalam tokoh film Toy Story. seru yaa. versi 1.1 = Buzz, 1.2 = rex,1.3=bo, 2.0 = hamm, 3.0 = woody, 5.0 = lenny, 6.0 =squeeze.
Distro Debian yang tidak stabil, diberi nama sandi Sid.yang di film toy story adalah anak tetangga yang mempunyai emosi tidak stabil dan suka menghancurkan mainannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s