Kernel

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat menyinggung sedikit tentang kernel. Tapi kan baru sedikit,,Gimana kalo saya tambahin lagi info tentang kernel??hehe..
Dalam post saya yang lalu sudah saya paparkan bahwa ‘Kernel’ adalah inti dari sebuah sistem operasi. Maksudnya apa? Jadi, Kernel itu adalah software (perangkat lunak) yang ditanamkan pada sebuah sistem operasi. Fungsinya??? Kernel bertugas untuk melayani berbagai macam program aplikasi untuk dapat mengakses hardware(perangkat keras) secara aman. Nah, keliatan kan tugasnya sangat vital karena berhubungan dengan akses hardware.
Selain fungsi tugas diatas, Kernel juga harus mengatur waktu (kapan dan berapa lama) suatu program akan mengakses(menggunakan) perangkat keras tersebut karena akses terhadap hardware terbatas dan ada lebih dari satu program yang harus dilayani. pernah dengar istilah multiplexing?Nah tugas kernel itulah yang dinamakan multiplexing.
Biasanya, kernel mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Kenapa? karena akses hardware secara langsung adalah masalah yang sangat kompleks. Nah, kumpulan abstraksi hardware tadi menjadi cara untuk menyembunyikan kompleksitas tersebut sehingga memungkinkan akses hardware menjadi mudah dan seragam. And finnaly, memudahkan tugas bagi para programmer.
Kernel sendiri dibedakan menjadi 4 kategori :
1. Monolithic Kernel, merupakan jenis kernel yang menyediakan abstraksi yang kaya dan tangguh. Namun masih 1 user 1 tasking.
2. Microkernel, hanya menyediakan sebagian kecil abstraksi hardware sederhana,menggunakan aplikasi server untuk menyediakan fungsi yang lain. multi user, multi tasking.
3. Hybrid, merupakan pengembangan dan modifikasi dari jenis microkernel dengan penambahan kode-kode agar lebih cepat. menggunakan konsep jaringan, komputer bisa membagi tugas dari beberapa komputer yang terhubung.
4. Exokernel
Jenis ini tidak menyediakan abstraksi akses hardware, namun menyediakan pustaka yang menyediakan fungsi akses hardware secara langsung atau hampir langsung.

Gambar di atas menunjukkan secara sederhana bahwa kernel menghubungkan software dengan hardware…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s