Struktur Sistem Operasi

Pada masa sekarang, sistem operasi telah berubah menjadi suatu sistem yang besar dan kompleks yang membuat proses perancangannya semakin sulit. Oleh karenanya, desain/rancangan dalam sebuah sistem operasi menggunakan suatu struktur agar nantinya dapat dipelajari dan digunakan dengan mudah, begitu juga dalam pengembangannya.
Dalam perancangan sebuah OS dikenal beberapa struktur, yaitu struktur sederhana, struktur berlapis dan mikro kernel.

1. Struktur sederhana
Struktur ini merupakan jenis struktur sistem operasi awal, kecil, sederhana dan terbatas. MS-DOS dan UNIX termasuk dalam jenis OS dengan struktur sederhana, terbatas pada hardware yang ada. Pada MS-DOS telah dirancang dengan struktur dengan modul-modul yang belum terbagi juga interface dan fungsonalitas yang kurang begitu jelas batasannya.
Pada UNIX,strukturnya terbagi menjadi dua :kernel dan program sistem. Kernel sendiri terbagi menjadi dua :device driver dan interface.

2. Struktur berlapis
Pada struktur berlapis, fungsi-fungsi yang disediakan OS diimplementasikan tidak dalam satu program, melainkan dibagi menjadi lapisan-lapisan(layers). Pada setiap lapisan, mempunyai funsi yang berbeda dari lapisan yang lainnya.

3. Mikro Kernel
Kernel senidiri adalah inti dari suatu sistem operasi, yang berfungsi menjembatani software dengan hardware. Awalnya, konsep ini dikembangkan dalam machintosh. Dalam mikro kernel,hanya fitur yang diperlukan yang diimplementasikan dalam kernel. Meskipun fitur yang diimplementasikan berbeda antara desain yang satu dengan lainnya, umumnya Mikro kernel menyediakan layanan yang umum menjadi bagian OS menjadi subsistem eksternal yang bisa berinteraksi satu sama lain dan dengan kernel. Dalam hal ini, mencakup devie driver,file system,virtual memory manager,windowing system dan security devices.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s