Application Program Interface

Pada program yang membutuhkan banyak system calls per detik,seorang programmer akan merasa kesulitan untuk menerjemahkan/berkomunikasi dengan komputer. Untuk mengatasi hal ini, diciptakanlah API (Application Program Interface).
Pada API, terdapat commands(perintah-perintah) maupun fungsi-fungsi untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls menjadi bahasa yang lebih terstruktur yang mudah dipahami dan dimengerti oleh seorang programmer.
Dapat juga disebutkan bahwa API adalah sebuah set fungsi layanan dasar yang siap dieksekusi oleh entitas programming external.

API pada Linux
Sebagai sistem operasi berbasis open source dan tentu saja mempunyai banyak pengembang di seluruh dunia, Linux dan turunannya (distribusi) telah terbukti hadir sebagai sistem operasi yang stabil dan sangat memenuhi sejumlah standar kualitas yang ditetapkan untuk sebuah sistem operasi.
Dengan semakin meluasnya penggunaan linux, banyak pihak yang berlomba-lomba membuat suatu aplikasi yang dapat memudahkan administrasi sistem linux yang digunakan.
Seperti telah disebutkan di atas bahwa API merupakan metode yang digunakan dalam sistem operasi yang dibuat untuk berinteraksi antara user dan sistem operasi, dimana pada sisi user dengan low level service yang disediakan oleh sistem operasi di sisi server. Komunikasi yang terjadi antara user dan sistem operasi berbentuk suatu protokol. kemudian data yang dikirim akan dienkripsi menggunakan suatu metode dalam bentuk format YAML. Data yang diterima akan dienkripsi lagi oleh server API yang akan meneruskan permintaan (request) oleh user ke proses yang sesuai pada low sistem server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s