Fortran Monitor System dan IBSYS

System operasi mempunyai tugas dan fungsi yang sangat penting bagi suatu computer PC. Sekarang, sudah banyak sekali System Operasi yang tersebar dipasaran, baik yang berbayar maupun yang gratis (Open Source). Lalu, kapan sebenarnya Sistem Operasi pertama kali ditemukan? Atau bahkan digunakan?
Guess what, computer generasi pertama (Vacuum tube), belum menggunakan OS. Ya, semuanya dilakukan secara manual menggunakan system on/off saja. Namanya juga manusia kan gak ada puasnya, udah bisa gini-gini masih pengen yang lebih dari sekedar gini-gini.
Setelah pemikiran panjang, terciptalah teknologi Batch processing System. Dengan teknologi ini, suatu tugas pada suatu system computer dikerjakan dalam satu rangkaian, kemudian dieksekusi secara sequential(berururtan).FMS adalah software berbasis batch processing system.
Tapi, FMS sendiri bukanlah suatu system operasi. Truuuss apa dong? FMS hadir pada saat computer memasuki generasi kedua. Namun, FMS bukan system operasi meskipun mempunyai beberapa fungsi yang dimiliki system operasi saat ini. Banyak yang menyebut FMS sebagai Operating System-nya computer generasi kedua, tapi sekali lagi, FMS bukanlah OS ya guys.
FMS digunakan dengan menuliskan sebuah program(pekerjaan) diatas kertas fortran atau asembler yang bernama punch card. Punch card yang sudah ditulisi program ini kemudian dimasukkan ke mesin kemudian hasilnya akan keluar di printer. FMS ini digunakan pada IBM 7094.
Selain FMS, hadir pula IBSYS. IBSYS dibuat dengan fungsi yang terinspirasi dari FMS. Teknologi ini memang masih merupakan program monitor dasar,yaitu membaca gambar kartu pada deck kartu program dan data pekerjaan individu,gambar kartu deck ini dibaca dari kaset magnetic. IBSYS digunakan pada IBM 7090 dan IBM 7094.
Meskipun FMS dan IBSYS bukanlah system operasi, namun bisa dikatakan sebagai cikal bakal system operasi yang hadir pada masa computer generasi kedua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s