Tokoh-tokoh yang berpengaruh pada perkembangan system operasi

Fungsi system operasi dalam sebuah system computer sangat penting untuk menunjang kebutuhan user. Dalam perkembangannya, system operasi muncul dari ide-ide yang dulunya dinilai tidak masuk akal, namun sekarang terbukti bahwa ide-ide tersebut dapat dibuktikan sehingga kita sekarang dapat menikmati kemudahan dalam penggunaan system operasi.
Sebenarnya, siapa pemilik ide-ide ‘gila’ dalam pengembangan system operasi ? let’s we honor them with big thanks…
1,2. Bill Gates dan Paul Allen
Windows menjadi system operasi nomer satu saat ini, dan ini berkat kejeniusan seorang William Henry Gates III atau lebih dikenal sebagai Bill Gates. Gates adalah pendiri dan ketua umum Microsoft,perusahaan perangkat lunak yang sangat sukses di Amerika Serikat. Windows yang sekarang begitu canggih adalah pengembangan dari system operasi MS-DOS yang dia bangun bersama rekannya, Paul Allen.
3. Linus Torvald
Linus Benedict Torvalds adalah nama lengkap linus torvalds. Linus berhasil membuat system operasi yang dikembangkan dalam sebuah proyek hobi. Yeah, kalian tau lah system operasi apa yang dia bangun. Linux adalah system operasi berbasis Unix yang pada saat itu menurut Linus kurang bisa memuaskannya dalam beberapa hal. Linux menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.
4. Steve Jobs
Kematian Steve Jobs beberapa waktu lalu membuat dunia computer dan penggemar produk Apple berduka. Menjadi CEO Apple.inc semasa hidupnya telah membuat perusahaan ini sukses karena mengahsilkan produk-produk yang brilliant. Steve Jobs semakin menunjukkan kejeniusannya pada bidang system operasi dan computer setelah iPad yang menghebohkan ketika direlease tahun 2010 silam meskipun sempat membuat penggemar Apple kecewa pada iPhone4.
5,6. Ken Thompson dan Dennis Ritchie
System operasi pertama kali tercipta ketika pengguna computer mulai berpikir cara yang lebih memudahkan penggunaan system computer baik multi user maupun time sharing. MULTICS adalah awal dari kelahiran UNIX. Ken dan Dennis adalah dua peneliti yang sebelumnya bekerja dalam proyek MULTICS. Ken menulis ulang UNIX dengan bahasa pemrograman C yang baru dikembangkan oleh Dennis. UNIX sendiri menjadi nenek moyang dari banyak system operasi.
7. Onno Widodo Purbo
Pak Ono lebih dikenal sebagai pakar dalam bidang teknologi informasi asal Indonesia yang telah berkeliling dunia dengan seminar-seminarnya seputar teknologi informasi. Pak Ono merupakan penggemar Linux dan salah satu gagasan yang beliau lontarkan adalah RT/RW-Net, yang belakangan ini sudah menjamur.
8,9. Larry page dan Sergey Brin
Hampir semua pengguna internet menggunakan Search Engine Google, dan Larry bersama Sergey adalah pendiri Google. Mereka berdua menyajikan Search Engine google dengan model client/server yang merupakan elemen paling penting dalam perkembangan internet.
10. Michael Dell
Di asrama mahasiswa, Dell mendirikan bisnis dengan modal yang relative sangat kecil, namun sekarang telah mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Perusahaan Dell dinamai sesuai dengan nama pendirinya, Michael Dell, dan sekarang telah menjadi perusahaan yang terkemuka dan sangat sukses bahkan telah memproduksi jenis computer mulai dari PC, Laptop, computer server, printer, PDA, storage, pemutar music MP3, TV, printer dan jasa layanan computer.
11. Steve Ballmer
Microsoft mulai merangkul Steve pada pertengahan 1980 dan sekarang menjadi karyawan terlama setelah Bill Gates di Microsoft. Hal ini juga yang menjadikan dirinya dipercaya untuk menggantikan Bill Gates sebagai CEO Microsoft selain karena kejeniusannya dalam mengembangkan Windows.
12. Edsger Wybe Dijkstra
Dijkstra lebih dikenal dalam buku. Ilmuwan asal Belanda ini berjasa dalam dunia system operasi karena telah menciptakan THE, system operasi yang menggunakan teknologi semafoor,struktur data computer kreasinya yang digunakan untuk sinkronisasi proses kerja computer secara bersama-sama dan terurut.
13. Keith Bostic (BSD OS)
UNIX mempunyai banyak turunan system operasi seperti Linux dan BSD. Keith Bostic adalah salah satu arsitek utama dari 4.4BSD Berkeley dan 4.4BSD-Lite release. Ia juga memimpin usaha di CSRG untuk membuat perangkat lunak bebas versi BSD UNIX , yang menjadi basis dari kelahiran FreeBSD , NetBSD dan OpenBSD .Software Design Inc. adalah perusahaan yang beliau dirikan dan telah menghasilkan BSD OS.
14. I Made Wiryana (Linux , Slackware)
Linux memang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia, dan I Made adalah salah satunya. Beliau mengembangkan Linux Slackware. Saat ini, beliau bertanggung jawab dalam design dan pengelolaan teknis sistus orang nomer satu di Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
15.Ulrich Drepper
Ulrich adalah seorng pengembang dan penulis GNU C Library yang juga penggemar Linux. Pakar IT ini juga dikenal sebagai Hacker jenius. RedHat adalah system operasi yang dia kembangkan bersama dengan teman-teman team-nya.
16. Drew Mayor
NetWare, system operasi yang khusus melayani jaringan, dikembangkan oleh Drew mayor sekaligus menjadi pemimpin dalam proyek ini. Beliau juga merupakan salah satu pendiri Novell.
17. Bertrand Serlet
System operasi yang popular selain linux dan Windows adalah Macintosh. Nah, Bertrand inilah salah satu tokoh terpenting yang berperan dalam kelahiran Macintosh, salah satu produk yang membuat Apple makin melambung.
18. Larry Tesler
Sebelum terlahir Macintosh, Lawrence Gordon Tesler (lebih dikenal sebagai Larry Tesler) mengembangkan system operasi pada Apple II, seri pngganti lisa. System operasi garapannya ini menjadi cikal bakal Machintos.
19. Sundar Pichai
Google memang sebuah perusahaan besar yang terus melambung namanya dengan gebrakan-gebrakan baru terutama di dunia internet. Sundar Pichai adalah orang berdarah India yang telah menjadi Warga Negara Amerika dan seorang insinyur computer. Sundar telah merancang dan membangun Chrome Operating Systen, yang tentunya dibawahi perusahaan Google.
20. Andrew Rubin
Tak puas sukses di dunia internet, Google turut meramaikan dunia smartphone dunia dengan system operasinya yang begitu fenomenal. Nama system operasi tersebut adalah Android, yang dipelopori oleh Andrew Rubin. Andrew sekaligus menjadi pendiri dan CEO dari Android.inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s